Seribuan Armada Uber, GrabCar, Dan GoCar Bebas “Narik”

Category : Tekno

KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, telah ada seribuan mobil dari layanan Uber, GrabCar, dan GoCar yg lolos persyaratan. Oleh karena itu, mobil-mobil tersebut diperbolehkan selalu beroperasi atau “narik” penumpang.

Syarat-syarat yg dimaksud antara yang lain berupa permintaan kepada para pengemudi bagi memiliki SIM umum, STNK yg mencantumkan nama koperasi atau perusahaan, dan uji KIR.

“Sesuai info yg kita peroleh dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, ketika ini dari total 1.450 kendaraan (yang mengajukan persyaratan), telah ada 1.296 kendaraan taksi berbasis online (Uber, GrabCar, dan GoCar) yg boleh beroperasi,” tutur Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hemi Pramuraharjo, ketika dihubungi KompasTekno, Senin (1/8/2016).

Baca: Jalan Berliku Legalisasi Uber dan Grab di Indonesia

Sejumlah 1.296 unit kendaraan yg dimaksud adalah total kombinasi dari tiga armada angkutan berbasis online, merupakan Uber, GrabCar, dan GoCar.

Dari jumlah tersebut, tersisa 156 kendaraan yg belum lolos persyaratan dari Kemenhub. “Sisanya itu belum lolos KIR,” imbuh Hemi.

Syarat beroperasinya angkutan berbasis online sudah disebutkan dalam Peraturan Menteri No. 32 tahun 2016. Kemenhub sempat mengumumkan bahwa Uber, GrabCar, dan GoCar mesti memenuhinya sebelum tenggat waktu 31 Mei 2016.

Baca: Nasib Uber dan GrabCar Ditentukan 31 Mei 2016

Bila tidak memenuhi syarat tersebut, maka kendaraan tak boleh digunakan sebagai armada. Bila pemiliknya nekat memakainya buat melayani angkutan, maka pemerintah, melalui Dinas Perhubungan, dapat saja “mengandangkan” kendaraan tersebut.

Menteri Perhubungan yg baru dilantik, Budi Karya Sumadi, berencana buat memanggil Uber dan Grab sebagai induk beberapa dari tiga layanan angkutan berbasis online itu. Pemanggilan mulai dikerjakan pada minggu ini dengan agenda membicarakan mengenai soal pemenuhan persyaratan operasional mereka.

Sumber: http://tekno.kompas.com

Demikianlah artikel mengenai Seribuan Armada Uber, GrabCar, dan GoCar Bebas “Narik”, semoga bermanfaat untuk sobat Market Pulsa.

Related Posts