Panama Papers: Foxconn Hindari Pajak Rp300 Triliun

Category : Smartphone

Taipei – Bocoran dokumen punya firma hukum Mossack Fonseca yg terhimpun dalam Panama Papers ternyata juga menyeret nama Foxconn.

Perusahaan yang berasal Taiwan yg yaitu rekanan bisnis terbesar Apple ini disebut sudah menghindari pajak dalam jumlah besar, yakni US$22,86 miliar atau sekitar Rp300 triliun, melalui investasi mereka di berbagai perusahaan offshore di Panama.

Menanggapi kabar tersebut, Foxconn menyatakan bahwa mereka tak pernah lari dari tanggung jawab dalam membayar pajak. Perusahaan ini pun menolak keras keterlibatan mereka dalam skandal Panama Papers. Untuk itu, Foxconn berencana mengajukan gugatan atas publikasi dokumen yg menurut mereka tak berdasar itu.

“Melakukan perdagangan dan investasi melalui perusahaan luar negeri yaitu mekanisme utama buat perdagangan internasional, namun Foxconn terus melaporkan investasi tersebut dalam laporan keuangannya,” demikian jelas perwakilan Foxconn seperti dilansir Digitimes.

Panama Papers disebut sebagai kebocoran terbesar dalam sejarah, di dalamnya terdapat lebih dari 11,5 juta laporan keuangan dan hukum yg menguak sebuah sistem yg memungkinkan dilakukannya tindakan kriminal, korupsi dan penyembunyian aset demi menghindari pajak oleh perusahaan-perusahaan offshore yg dirahasiakan. [ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Demikianlah artikel mengenai Panama Papers: Foxconn Hindari Pajak Rp300 Triliun, semoga bermanfaat untuk sobat Market Pulsa.

Related Posts